ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home PELATIHAN IDENTIFIKASI SATWA LIAR DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
PELATIHAN IDENTIFIKASI SATWA LIAR DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Wednesday, 04 July 2012 11:53

(Kerjasama PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah dengan Fakultas Kehutanan UGM)

 

Peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia merupakan salah satu upaya yang tidak dapat dipisahkan dalam mewujudkan Pengelolaan Hutan Lestari (PHL). Keberadaan tenaga-tenaga atau SDM yang mumpuni sangat diperlukan dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dalam proses PHL yang dapat ditempuh dengan mengikutsertakan para karyawan dalam kegiatan pelatihan, diklat maupun kursus yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah, perguruan tinggi maupun NGO.

Terkait dengan hal di atas, pada tanggal  15 – 20 Juni 2012, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada mengadakan kegiatan pelatihan Identifikasi Satwa Liar dan Sistem Informasi Geografis di PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpisah di dua lokasi, yaitu; camp Km. 54 untuk Identifikasi Satwa Liar yang diikuti 16 peserta dan camp Km. 53 untuk pelatihan Sistem Informasi Geografis yang diikuti 18 peserta.

  • Pelatihan Identifikasi Satwa Liar (Jenis Burung)

Materi pelatihan identifikasi satwa liar yang disampaiakn oleh Meiardhy dan Sitta Yustia dari Laboratorium Satwa Fakultas Kehutanan UGM diawali dengan memberikan pemahaman dasar-dasar dan metode identifikasi satwa liar. Kemudian para peserta juga diajak untuk melakukan praktek langsung mengidentifikasi keberadaan jenis burung dengan metode yang sudah ditentukan, yaitu metode MacKinnon List of Species dan Timed Species Counts.

Perbedaan mendasar kedua metode tersebut adalah pada teknik Timed Spesies Counts ada pembatasan waktu pengamatan spesies, misalkan 15 menit untuk pengamatan pertama. Pengamatan kedua juga dibatasi selama 15 menit dan seterusnya. Sementara itu, pada metode MacKinnon List of Species pengamatan burung tidak dibatasi waktu dalam proses identifikasi jenis burung.

 

 

 

 

  • Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Dalam pelatihan Sistem Informasi Geografis, Wahyu Wardana, S.Hut, M.Sc (Staf pengajar Fakultas Kehutanan UGM) memberikan materi pengantar SIG, pembangunan Geodatabase, input data SIG, On Screen Digitizing, dan penerapan SIG dalam bidang kehutanan dengan metode yang mudah dipahami oleh para peserta.

 

Pelatihan SIG di IUPHHK PT. Sari Bumi Kusuma-Kalimantan Tengah pernah dilakukan sebelumnya, yaitu  bekerja sama dengan The Nature Conservancy (TNC). Namun, materi yang diajarkan terfokus pada bidang Perencanaan Hutan khususnya kegiatan Timber Cruising atau Risalah Hutan. Pelatihan kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena mengarah pada penyampaian dasar-dasar SIG, proses dan pengunaannya secara luas dibidang kehutanan. Selain itu, pelatihan ini juga diikuti oleh peserta dari beberapa bagian; Pembinaan Hutan, Lingkungan dan Litbang, Pembinaan Masyarakat Desa Hutan dan Perencanaan. (@Yudhihendros, 2012)

Last Updated on Wednesday, 04 July 2012 12:09
 
Friday, 29 March 2024

Certificate

certificate
Yakinlah bahwa keputusan anda hari ini akan berpengaruh terhadap apa yang akan anda alami dimasa datang.