SARI BUMI KUSUMA

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home

Report of Preliminary Survey of Bornean White-bearded Gibbon Hylobates albibarbis in Natural Forest Logging Conession of PT Sari Bumi Kusuma-Nuak, Central Kalimantan.

Report of Preliminary Survey of Bornean White-bearded Gibbon Hylobates albibarbis in Natural Forest Logging Conession of

PT Sari Bumi Kusuma-Nuak, Central Kalimantan.

by Achmad Yanuar and Chairul Saleh

Acknowledgments

This study was conducted as part of WWF Indonesia Programs in Arabela-Schwanner landscape with special target natural forest logging concessions within the landscape, especially in PTSari Bumi Kusuma Nuak, Central Kalimantan, one of member Alas Kusuma Group in order to protect endangered species of White-bearded Gibbon Hylobates albibarbis outside protected areas.

The study supported by Alas Kusuma Group which representative by Pak Ida Bagus Wiradnyana Putra as Head of Environment and Certification, who has given us the confidence to undertake survey of gibbon within logging concession areas of PT Sari Bumi Kusuma Nuak, Central Kalimantan. We would like also to thank you to management of PT Sari Bumi Kusuma Nuak for welcome us and provided several employers to participated in the survey, four-wheel vehicles for the survey activities as well as company guest house for the survey team to stay, especially Pak Adlin as PT Sari Bumi Kusuma Nuak Camp Managers and his staffs included Pak Yudhi Hendro (Assistant Manager of Planning ), Pak usilo Purnomo (Coordinator of TPTJ, Production and Certification),. Pak Jatmoko (Assistant of Research and Development and Environment), Pak Edi Sasangka (Assistant of Planning and Evaluation) and Pak Sasmoko (Assistant of Maintain and Forest Protection).

 

Last Updated on Friday, 18 September 2020 23:59 Read more...
 

Inhouse Training RIL & K3

Pada tanggal 17-20 Pebruari 2018 yang lalu, kegiatan inhouse training Reduced Impact Logging (RIL) serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah dilaksanakan di areal PT Sari Bumi Kusuma Seruyan - Katingan.

Kegiatan inhouse training RIL dan K3 ini merupakan pelaksanaan program yang telah direncanakan dalam Rencana Kerja Tahunan tahun 2018.

Tujuan kegiatan inhouse training untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi para operator penebangan, operator penyaradan dan para penanggung jawab kegiatan operasional di bagian PWH dan Produksi.

Kegiatan inhouse training dilakukan dalam dua metode yaitu penyampaian materi di dalam ruangan pada tanggal 17 Pebruari 2018 dan praktek kegiatan di lapangan selama dua hari pada tanggal 18-19 Pebruari 2018. Pada saat penyampaian materi di ruang serba guna Camp km 53, tidak hanya berisi materi teknis RIL dan K3 namun juga materi tentang motivasi.

Praktek lapangan penebangan, pemotongan ujung dan pangkal batang (trimming) serta penyaradan dilaksanakan di blok tebangan RKT 2018 dengan melibatkan para operator chainsaw, operator skidder dan para pengawas lapangan.

Setelah selesai melaksanakan inhouse training selama tiga hari, pada tanggal 20 Pebruari 2018 dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan inhouse training RIL dan K3. Dalam kegiatan evaluasi tersebut dibahas hal-hal selama pelaksanaan inhouse training yang perlu diperbaiki serta penyusunan kegiatan selanjutnya.

 

Last Updated on Thursday, 01 March 2018 11:19 Read more...
 

Sosialisasi Pendidikan Lingkungan Hidup

Pada tanggal 25-26 Mei 2016 yang lalu telah dilakukan sosialisasi pendidikan lingkungan hidup hasil kerjasama WWF Indonesia dengan PT SBK dan masyarakat di tiga desa yang menjadi lokasi pilot pendampingan bersama, yaitu Tumbang Kejamei, Tumbang Teberau dan Kiham Batang.

Kerjasama tersebut merupakan bagian dari dukungan WWF Indonesia terhadap PT SBK dalam pengelolaan hutan berkelanjutan terkait dengan bidang Pembinaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH).

 

Last Updated on Tuesday, 28 June 2016 15:00 Read more...
 

Workshop Kemitraan Perusahaan-Masyarakat dalam Konservasi Orangutan dan Satwa Dilindungi Lainnya dalam Mendukung Pengelolaan Hutan secara Berkelanjutan

 

Pada tanggal 8 Juni  2015 yang lalu, bertempat di hotel Haris Pontianak telah dilaksanakan Workshop Kemitraan Perusahaan-Masyarakat dalam Konservasi Orangutan dan Satwa Dilindungi Lainnya dalam Mendukung Pengelolaan Hutan secara Berkelanjutan.

Workshop satu hari yang diprakarsai oleh WWF Indonesia itu bertujuan mempertemukan para pemangku kepentingan, baik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perusahaan pemegang ijin, kelompok masyarakat, maupun organisasi nirlaba untuk saling berbagi pengalaman dalam implementasi pengelolaan konservasi flora-fauna dalam konteks pengelolaan hutan berkelanjutan.

Last Updated on Thursday, 02 July 2015 16:19 Read more...
 

HASIL PELAKSANAAN AUDIT SERTIFIKASI PHPL

Audit sertifikasi PHPL PT. Sari Bumi Kusuma Blok Seruyan telah dilaksanakan pada tanggal 11 – 23 Pebruari 2015 yang lalu oleh Lembaga Penilai PHPL PT Ayamaru Sertifikasi.

Berdasarkan nilai hasil perhitungan kinerja aktual, PT. Sari Bumi Kusuma, Blok Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah memiliki nilai kinerja aktual sebesar 61 dari total nilai maksimal kinerja sebesar 66. Dengan demikian pencapaian kinerja PHPL PT. Sari Bumi Kusuma, Blok Seruyan adalah 92,42% atau masuk dalam kinerja dengan predikat “BAIK”, yaitu apabila total nilai verifier yang dicapai >80% dari kemungkinan total nilai maksimum yang dapat dicapai, tanpa ada verifier dominan yang bernilai buruk.

Dengan demikian, berdasarkan hasil penilaian kinerja tersebut PT. Sari Bumi Kusuma berhak mendapatkan Sertifikat Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (S-PHPL) dengan nomor 33/A-SERT-PHPL/III/2015 yang masa berlakunya mulai tanggal 19 Maret 2015 s/d 18 Maret 2020.

 

Last Updated on Saturday, 02 May 2015 10:49 Read more...
 


Page 3 of 8
Tahukah anda pilihan anda hari ini akan menentukan apa yang akan terjadi esok karenanya jangan pernah mengeluh dengan akibat dari pilihan anda.